profil

Sebagai sebuah lembaga perekonomian yang berdiri di lingkungan perguruan tinggi, Koperasi Serba Usaha Dosen Universitas Gadjah Mada (KOSUDGAMA) pada awal didirikan hanya untuk para dosen UGM. Dalam perjalanannya KOSUDGAMA berusaha menjaring anggota tidak hanya para dosen, tetapi juga para karyawan dan mahasiswa UGM, bahkan para anggota yang berasal dari luar UGM. Hingga tahun 1997, anggota KOSUDGAMA mencapai lebih dari 8000 anggota.

Pada saat didirikan pada 25 Januari 1982, KOSUDGAMA hanya memfokuskan diri pada penyediaan sarana perumahan dan buku-buku impor bagi dosen UGM. Setelah 25 tahun berjalan, dari dua bidang usaha tersebut telah berkembang menjadi empat lini usaha besar yang menjadi andalan KOSUDGAMA, yaitu unit simpan pinjam, unit jasa dan dokumen, unit niaga, dan unit apotek.

Dengan empat unit usaha inilah, KOSUDGAMA berusaha menjalankan aktifitasnya dengan memfokuskan diri pada pelayanan terhadap anggota. Hal inilah yang kemudian menjadikan KOSUDGAMA tetap bertahan hingga kini dan mampu melewati masa-masa krisis ekonomi yang melanda Indonesia mulai tahun 1996. Bahkan pada masa krisi ekonomi tersebut usaha yang dijalankan KOSUDGAMA mulai berkembang dengan pesat. Dengan manajemen dan organisasi yang tertata dengan baik, KOSUDGAMA melangkah dengan mantap dalam menjalankan unit-unit usahanya demi mensejahterakan anggotanya.